Trik Membuat Template Blog Menjadi SEO Friendly


halo sobat Blogger, pada kali ini kita akan belajar dikit tentang Membuat Template Blog Menjadi SEO Friendly. gimana sih cara mengoptimalkan kinerja Template pada Blog kita? atau cara agar Template kita tampil lebih bagus sekaligus SEO?


memang sih yang namanya Template itu sangat berpengaruh pada Blog kita, jangan meremehkan hal ini sob. bermain SEO itu gak harus monoton ke postinga aja template harus juga enak lihat sama pengunjung, buatlah pengunjung nyaman pada Template kita. kalo bisa bisa berlama-lama nongkrong di Blog kita :D

oke kita langsung aja bahas tentang Template SEO Friendly, mungkin di Blog Juragan sudah pernah membahas hal ini. tapi ini akan saya share buat yang belum tau aja hihihi :D


1. Page Title

Biasanya format page title dari blogger kan seperti ini : JUDUL BLOG : JUDUL POSTING, nah agar blog kita lebih disukai oleh google sehingga ujung-ujungnya blog kita jadi rame, kita harus merubah format page title standart itu menjadi seperti ini : JUDUL POSTING | JUDUL BLOG. Caranya cari kode berikut di EDIT HTML ( cara mudahnya di Mozilla tekan ctrl +f lalu copy paste kode dibawah ini):

<title><data:blog.pageTitle/></title>

Kalo udah dapet kodenya hapus n ganti dengan kode berikut ini :

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>

Atau sobat juga bisa tambahin beberapa kata kunci ( keyword ) :

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/> | Kata kunci sobat | Kata kunci sobat </title>
</b:if>

Ganti kode "kata kunci" dengan keyword yang sobat incar. Setelah semua selesai jangan lupa di save template

2. Meta keyword dan deskripsi
Suatu mesin pencari seperti google sangat menyukai sebuah website / blog yang jelas tema dan isi content-nya. Jadi , sobat harus nambahin suatu tag yang namanya meta tag. Caranya adalah dengan menambahkan kode berikut ini sebelum kode <b:skin><![CDATA[/*

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta name="description" content="Deskripsi Blog anda" />
<meta name="keywords" content="Kata kunci , kata kunci, kata kunci, kata kunci , kata kunci" />
</b:if>
Lalu ? ya di save aja

3. memasang Breadcrumbs.

Breadcrumbs adalah menu navigasi yang ada diatas sebuah posting atau artikel. Contohnya bisa dilihat diblog-nya juragan ini. Cara pasangnya juga sudah banyak dibahas di blog-blog guru blogging. Silahkan sobat cari di google dengan kata kunci “ cara membuat menu breadcrumbs”.

4. memasang Related Post.

Related post sangat bagus untuk SEO maupun buat pengunjung. Jadi pasang related post di blog sobat. Caranya sudah banyak dibahas di blog-blog para guru blogging. Silahkan sobat cari di google dengan kata kunci “ cara membuat related post di blogger”.

5. Mematikan setting archive ( arsip )
Lho ? buat apa juragan ? begini nih, seperti yang juragan bilang tadikan kalo google sangat membenci dengan yang namanya duplicate content. Jadi ketika kita mengaktifkan opsi arsip, misalnya kejadiannya seperti ini :
sobat membuat sebuah blog di blogger.com. lalu membuat 3 posting, 1 buah setiap hari. Maka di halaman utama atau homepage sobat akan ada 3 posting dan sebuah link arsip seperti ini, http://BLOGSOBAT.blogspot.com/2007_03_01_archive.html, pada halaman arsip tersebut akan memunculkan 3 posting yang sama dengan yang di munculkan oleh homepage.
Intinya, 2 buah link yang menuju 2 halaman yang berbeda tapi memiliki isi konten yang sama. Bagi search engine apa lagi google ini adalah masalah serius. Oleh karena itu kita sebaiknya me-non-aktifkan opsi arsip, caranya : setelah login klik tab setting >> Archiving >> pada bagian Archiving frequency ubah menjadi no archive. >> selesai simpan setting.

Atau jika tidak ingin menonaktifkan fungsi arsip, silahkan letakkan kode berikut dibawah kode <head> :

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><meta content='noindex' name='robots'/></b:if>

6. Menambahkan kode ‘rel=canonical’

Gunanya kita menambahkan ‘rel=canonical’ adalah untuk menghindari konten ganda, karena seperti para master of SEO bilang bahwa google sangat tidak dapat mentolerir sebuah duplicate content ( *jadi buat yang kerjanya Cuma bisa copas hati-hati nih sebelum didepak dari gugel..xixixi*). Cara nya di edit html tambahkan kode berikut setelah kode <head>

<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' />

Save template dan selesai

7. Tag Heading
Google sangat menyukai sebuah tulisan atau judul dengan tag H1. Oleh karena itu ubahlah ukuran judul posting sobat dengan tag H1. Caranya cari kode berikut :

<b:if cond='data:post.title'>
<h3 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h3>
</b:if>

Kode yang dicetak tebal(warna orange) dihapus dan ubah dari h3(atau pada beberapa template menggunakan h2) menjadi h1. Setelah itu tambahkan kode berikut sebelum kode ]]></b:skin>

h1.post-title, .post h1 #Blog1 h1, #Blog2 h1 { font-size:1.5em; }


thankz to: blog-seodofollow.blogspot.com

Belum ada Komentar untuk " Trik Membuat Template Blog Menjadi SEO Friendly "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel